Minggu, 21 September 2014

HASIL OBSERVASI TENTANG LAB.KOMPUTER

*    PEMBUKAAN

       Di era globalisasi ini, teknologi semakin berkembang dan disetiap sekolah pasti menyediakan fasilitas yang memadai untuk siswanya, salah satunya adalah laboratorium TIK. Di dalam laboratorium TIK kita dapat mengekspresikan apa yang  sudah di ajarkan di kelas oleh guru. 

          Guna mendukung tercapainya standar pendidikan nasional. Diperlukan kondisi gedung sekolah dan prasarana pendukung yang secara fisik menjadi layak untuk proses belajar-mengajar. Memberi kenyamanan dan keamanan dalam proses belajar mengajar.

      Untuk meningkatkan mutu pendidikan yang optimal dan untuk menambah wawasan serta pemahaman dan keterampilan siswa dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan proses pembelajaran yang ada maka dirasa sangat perlu dan sangat penting adanya sarana laboratorium TIK di sekolah.

*    ISI

        Saat ini laboratorium komputer telah berkembang cukup pesat, hal ini dapat dilihat pada perubahan yang terjadi dari waktu-kewaktu. Beberapa tahun yang lalu laboratorium TIK hanya digunakan sebagai tempat pelatihan komputer dan sarana untuk mata pelajaran  komputer, namun pada saat ini laboratorium TIK telah bisa menjadi ruang kelas hampir untuk semua mata pelajaran, mulai menjadi laboratorium bahasa, baik bahasa indonesia maupun bahasa inggris, teori biologi, geografi, sosiologi, dan lainnya. 

            Mengingat pentingnya peranan laboratorium TIK dalam mengembangkan keterampilan TIK dan dalam akselerasi proses pembelajaran, maka perlu dilakukan upaya manajemen laboratorium TIK yang baik untuk mendukung peran dan fungsi laboratorium secara optimal. Oleh karena itu sangat perlu diadakannya pengembangan serta melengkapi alat-alat laboratorium yang dirasa sangat dibutuhkan untuk proses pembelajaran. 

            Pengertian Laboratorium (disingkat lab) adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah yang berhubungan dengan ilmu komputer dan memiliki beberapa komputer dalam satu jaringan untuk penggunaan oleh kalangan tertentu. 

             Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali. Labolatorium komputer umumnya memilki perangkat tambahan seperti pencetak dan pemindai untuk menunjang kebutuhan. Jadi, pengertian labolaturium TIK adalah ruang pembelajaran yang menggunakan sistem teknologi. 

Di dalam ruang labolaturium TIK mempunyai berbagai fasilitas salah satunya adalah:
1.      Komputer
2.      LCD proyektor
3.      Layar proyektor
4.      Printer
5.      Sound

        Untuk meningkatkan mutu pendidikan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Lab.TIK mempunyai tujuan khusus yaitu :
1.      Untuk mengenalkan siswa terhadap tekonologi informasi dan komunikasi.
2.   Untuk meningkatkan kmampuan siswa dalam mengoperasikan komputer pada aplikasi office secara baik dan benar.
3.   Untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa agar dapat melihat jendela dunia lewat internet.

Adapun fungsi laboratorium TIK antara lain :
  1. Laboratorium TIK sebagai tempat timbulnya berbagai masalah di bidang teknologi komputer sekaligus sebagai tempat untuk memecahkan masalah tersebut.
  2. Laboratorium TIK sebagai tempat untuk melatih keterampilan serta kebiasaan menemukan suatu masalah dan sikap teliti.
  3. Laboratorium TIK sebagai tempat yang dapat mendorong semangat peserta didik untuk memperdalam pengertian dari suatu fakta teknologi yang diselidiki atau    diamatinya.
  4. Laboratorium TIK berfungsi pula sebagai tempat untuk melatih peserta didik bersikap cermat, bersikap sabar dan jujur, serta berpikir kritis dan cekatan.
  5. Laboratorium TIK sebagai tempat bagi para peserta didik untuk mengembangkan ilmu pengetahuan teknologinya.
  6. Labolaturium TIK sebagai tempat mengekspresikan tingkat kreativitas siswanya, misal dalam bentuk desain grafis.
  7. Dan juga labolaturium TIK dapat memudahkan kita dalam mengerjakan sesuatu dalam bidang informatika.
Sebuah laboratorium TIK bisa juga di fungsikan sebagai self acces room, dimana fungsinya adalah sebagai pusat belajar mandiri siswa, siswa dapat mengeksplorasi segala hal yang ada di ruang tersebut. Tetapi karena semakin berkembangnya teknologi pengelolaan laboratorium sekolah belum dapat dilakukan sebagaimana mestinya. Bahkan terkesan ruang laboratorium yang dibangun tidak berfungsi. Tidak sedikit  ruangan  yang dibangun bagi kegaiatan laboratorium sekolah ada yang berubah fungsi. Tentu saja hal tersebut sangat di sayangkan dan merugikan. 

Banyak faktor-faktor yang menyebabkan bergesernya laboratorium TIK sebagai tempat untuk mengerjakan, menemukan, dan memecahkan suatu masalah di bidang teknologi menjadi ruang kelas ataupun gudang, antara lain:
1.        Kurangnya kemampuan dalam mengelolah labolaturium TIK di sekolah
2.   Kurangnya pemahaman terhadap makna dan fungsi labolaturium TIK di sekolah serta implikasinya bagi pengembanagan dan perbaikan sistem pembelajaran dalam bidang teknologi.
3.      Semakin banyak dan meluasnya siswa yang mempunyai laptop atau alat teknologi canggih lainnya  

        Laboratorium TIK perlu dilestarikan serta dikelola, karena berperan untuk mendorong efektivitas serta optimalisasi proses pembelajaran melalui penyelenggaraan berbagai fungsi.

       Oleh karena itu pentingnya pemanfaatan dan pengembangan laboratorium TIK perlu diperhatikan oleh guru dan pengelolah labolaturium TIK di sekolah tersebut, seperti: 
  1. Diharapkan dapat menfasilitasi pengembangan mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sebagai bagian dasar pemanfaatan teknologi untuk mempersiapkan peserta didik yang memadai agar dimasa depan dapat berperan sebagai kontribusi dari penguasaan komputer.
  2. Untuk menunjang proses pembelajaran yang bermutu, teratur dan berkelanjutan.
  3. Meningkatkan pengalaman dan keterampilan dalam mengimplemen-tasikan penguasaan komputer pada mata pelajaran lainnya.
  4. Memberikan dampak kepada siswa untuk lebih terampil mengkomunikasikan teori dengan praktik dalam KBM. Memberikan pengalaman langsung kepada siswa melalui praktik-praktik lapangan.

*      KESIMPULAN 

            Sebagai salah satu sarana yang disediakan oleh sekolah, kita harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin dan tidak merusaknya dan menggunakannya dengan semestinya. Dengan tersedianya alat-alat laboratorium yang memadai dan mendekati standar nasional pendidikan maka akan membawa dampak yang sangat besar bagi sekolah kita. Dalam rangka melaksanakan program pelajaran dan dapat meningkatkan mutu pendidikan baik secara akademis maupun non akademis. 

              Seiring dengan berkembangnya teknologi infomasi dan komunikasipun semakin cepat dan mudah. Hal tersebut menuntut manusia unuk memiliki alat komunikasi yang mendukung semua itu.

              Selain media elektronik dan media cetak dengan perkembangannya, jaringan seluler dan internet merupakan alat komunikasi masa kini yang lebih maju dalam perkembngannya. Karena sangat pentingnya komunikasi dalam kehidupan kita maka sangat penting pula alat komunikasi dalam kehidupan kita di masa kini.

              Seiring dengan perkembangannya teknologi layanan informasi dan komunikasipun semakin cepat dan mudah. Hal tersebut menurut manuntut manusia untuk memiliki alat komunikasi yang mendukung semua itu.

Selain media elektronik dan media cetak dengan perkembangannya, jaringan seluler dan internet merupakan alat komunikasi masa kini yang lebih maju dan canggih.

*    PENUTUP

              Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadai pokok bahasan dalam presentasi ini yaitu tentang Laboratorium TIK, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan, karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul presentasi ini.

              Kami banyak berharap teman-teman memberikan kritik da saran yang membangun kepada demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya.
               
              Semoga presentasi ini berguna bagi kita semua pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya. 

Salam Manis
Yuni 

0 komentar:

Posting Komentar

Yuni Lestari. Diberdayakan oleh Blogger.
Hetalia: Axis Powers - Liechtenstein
 
Yuni chan Blog Blogger Template by Ipietoon Blogger Template